Saturday, June 1, 2013

Sikap Teladan Rasulullah



assalamualaikum warohmatullahi wabarokhatu.... :)
Apa kabar teman-teman....?
Semoga ALLAH  memberi karunia kepada kita semua(terutama yg membaca blog ini)..hehe :D
Baiklah teman-teman,ada seikit cerita tentang sikap teladan panutan umat sedunia yakni Nabi besar kita Muhammad S.A.W yang telah menuntun kita kepada zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini...Baiklah,marilah kita simak beberapa sikap teladan Nabi kita.Agar kita semua dapat meniru perbuatan beliau...

Rasulullah Muhammad SAW sebagai Uswatun Hasanah(Teladan yang baik)
Nabi Muhammad SAW adalah seorang laki-laki pilihan Allah SWT yang diutus untuk menyampaikan ajaran yang benar yaitu Agama Islam. Firman Allah SWT dalam al-Quran surat Al Ahzab ayat 21 yang berbunyi:

Artinya”Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah SAW suri teladan yang baik bagimu bagi orang yang mengharap rahmat Allah SWT dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.(QS Al Ahzab:21).

Sifat Rasulullah SAW Rasulullah SAW mempunyai sifat yang perlu kita contoh yaitu :

1). Siddiq
Siddiq artinya jujur dan sangat tidak mungkin Rasulullah bersifat bohong (kidzib) Rasulullah sangat jujur baik dalam pekerjaan maupun perkataannya. Apa yang dikatakan dan disampaikan serta yang diperbuat adalah benar dan tidak bohong. Karena akhlak Rasulullah adalah cerminan dari perintah Allah SWT.

2). Amanah
Amanah artinya dapat dipercaya. Sangat tidak mungkin Rasulullah bersifat Khianat atau tidak dapat dipercaya. Rasulullah tidak berbuat yang melanggar aturan Allah SWT. Rasulullah taat kepada Allah SWT. Dan dalam membawakan risalah sesuai dengan petunjuk Allah SWT tidak mengadakan penghianatan terhadap Allah SWT maupun kepada umatnya.

3). Tabligh
Tabligh artinya menyampaikan. Rasulullah sangat tidak mungkin untuk menyembunyikan (kitman). Setiap wahyu dari Allah disampaikan kepada umatnya tidak ada yang ditutup- tutupi atau disembunyikan walaupun yang disampaikan itu pahit dan bertentangan dengan tradisi orang kafir. Rasulullah menyampaikan risalah secara sempurna sesuai dengan perintah Allah SWT.

4). Fathonah
Fathonah artinya cerdas. Sangat tidak mungkin Rasul bersifat baladah atau bodoh. Para Rasul semuanya cerdas sehingga dapat menyampaikan wahyu yang telah diterima dari Allah SWT. Rasul adalah manusia pilihan Allah SWT maka sangat tidak mungkin Rasul itu bodoh. Apabila bodoh bagaimana bisa menyampaikan wahyu Allah.
Selain itu ada sebuah kisah yang menceritakan bahwa Rasulullah telah berbuat baik dengan pengemis yahudi.Cerita itu menggambarkan bahwa Rasulullah memiliki sifat yang sabar dan penyayang tanpa membedakan siapapun.Selain itu,Rasulullah juga memiliki sikap yang ikhlas.
Baiklah teman-teman yang di rahmati Allah S.W.T...cukup sekian cerita yang dapat saya tulis kali ini...Semoga saya dan teman-teman semua dapat mencontoh sikap teladan yang di miliki RAsulullah tersebut.Meskipun,saya sendiri juga merasa sulit dalam bersikap seperti itu....yg jelas satu kalimat yang harus kita ingat bahwa,"MANJADA WAJADDA..."
Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarokhatu... :)

2 comments:

  1. keberhasilan rasulullah dalam memimpin umat nya pada saat itu adalah karena ada STAF didalam kepemimpinan nya..
    staf disini bukanlah ajudan dan bukanlah orang bawahan rasulullah..
    tetapi STAF adalah

    ReplyDelete
  2. STAF merupaka sifat teladan yang di miliki oleh Rasulullah S.A.W yaitu Siddiq,Tabligh,Amanah dan Fatanah.

    ReplyDelete